Darwin Initiative Sumatera Barat

Just another WordPress.com site

Pelatihan Survey Keanekaragaman Hayati untuk Masyarakat Nagari Guguk Malalo dan Nagari Pakan Rabaa Timur

leave a comment »

Keanekaragaman hayati mempunyai peranan yang sangat penting dalam menjaga keseimbangan dan keberlangsungan suatu ekosistem. Namun, seiring dengan meningkatnya pertumbuhan penduduk dan diikuti oleh peningkatan kebutuhan masyarakat akan lahan untuk pertanian dan perkebunan mengancam kelestarian keanekargaman hayati di suatu ekosistem.
 
 Indonesia yang dikenal sebagai negara megabiodiversity memiliki sumber hayati yang sangat melimpah tapi juga sangat rentan dan terancam akan kepunahan. Di beberapa tempat telah terjadi kepunahan lokal terhadap jenis-jenis tertentu, sebut saja Badak Sumatera di Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) sejak tahun 2005 telah tidak ditemukan lagi diakibatkan tingginya tingkat perburuan dan perusakan habitat satwa ini (FFI, 2007). Hal ini sungguh memperihatinkan kita semua karena dari kepunahan lokal ini nantinya juga akan diikuti kepunahan ditempat-tempat lain sehingga menjadi kepunahan massal.
 
Dalam rangka untuk kita mengetahui bagaimana kondisi dan keanekargaman hayati yang ada di suatu daerah maka perlu dilakukan survei keanekargaman hayati, hal ini diperlukan untuk menajemen pengelolaan suatu kawasan sehingga dapat terjadi keseimbangan antara melestarikan keanekargaman hayati dengan berbagai kebutuhan lainnya. 
  
Berdasarkan hal tersebut di atas, maka masyarakat nagari sebagai pengelola hutan nagari wajib mengetahui keanekaragaman hayati yang ada diwilayah mereka agar nantinya masyarakat nagari dapat membuat keputusan yang bijaksana dalam melakukan pengelolaan kawasannya.
 
Darwin Initiative, Universitas Andalas dan Fauna & Flora International Indonesia Program mengadakan pelatihan survei keanekaragaman hayati untuk masyarakat nagari Guguk Malalo, Kabupaten Tanah Datar, dan Nagari Pakan Rabaa Timur, Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat pada tanggal 28-30 Oktober 2010 di Guguak Malalo dan 12 – 13 November 2010 di Pakan Rabaa Timur. Pelatihan ini bertujuan agar masyarakat dapat melakukan penilaian tentang keanekaragaman hayati di wilayah Nagari mereka sehingga masyarakat dapat membuat suatu menajemen pengelolaan wilayah yang lestari dan seimbang. 
 
Pelatihan ini telah mengasilkan Panduan Lapangan Survey Keanekaragaman Hayati yang berguna bagi  semua kalangan terutama masyarakat Nagari. 

 

Advertisements

Written by Darwin Initiative West Sumatra

April 27, 2011 at 5:51 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: