Darwin Initiative Sumatera Barat

Just another WordPress.com site

Lokalatih Lingkungan Hidup untuk Ulama dan Tokoh Adat “Penerapan Nilai-Nilai Ajaran Islam dan Konservasi SDA dalam Menyelamatkan Hutan Sumatera Barat”

leave a comment »

Jasa Ekosistem (JE) merupakan hal mendasar bagi kemakmuran manusia dan makhluk hidup lainnya di dunia. Bagaimanapun juga, Penilaian Ekosistem Milenium menetapkan bahwa hampir dua pertiga JE dunia terancam, dimana jasa yang berkaitan dengan DAS menjadi prioritas level nasional yang penting.Indonesiamemiliki 10% hutan hujan tropis yang tersisa di bumi, selain itu hutan juga menyediakan JE vital bagi masyarakat internasional dan nasional dalam bentuk penyerapan karbon dan mitigasi perubahan iklim dan untuk masyarakat desa dalam bentuk pengelolaan DAS. Tingginya laju deforestasi di Indonesia, khususnya di Sumatra, menhendaki perlunya kesadaran untuk mempromosikan dan menfasilitasi pengelolaan sumber daya alam yang berkelanjutan untuk menjamin manfaat yang terus berlangsung akan jasa ekosistem. Dengan demikian, pendekatan yang inovatif untuk konservasi berbasis masyarakat sangatlah diperlukan.

 Indonesia merupakan negara dengan populasi Muslim yang terbesar di dunia (88% dari 245,500,000 populasinya memeluk agama Islam). Agama memiliki pengaruh yang kuat dalam kehidupan sehari-hari dan dalam islam, ada beberapa prinsip utama (Tauhid, Khalifah, Mizan and Fitrah) yang terdapat dalam Al-Qur’an yang mendukung konservasi alam dan menguraikan peran manusia dalam konservasi sumber daya alam. Untuk itu, potensi pemakaian pengajaran berbasis agama dan adat pada lingkungan agar menjadi sangat efektif dalam merubah tingkah laku untuk menjaga sumberdaya alam, khususnya ketika berkaitan dengan berbagai manfaat yang disediakan JE untuk kesejahteraan manusia.

 Dengan kesadaran bahwa ajaran agama menjadi pemandu yang sangat penting dalam perilaku manusia, termasuk dalam pemeliharaan alam dan JE, maka perlu kiranya disediakan suatu medium yang dapat memberikan pencerahan dan pembuka wawasan bagi ulama dan pemangku adat untuk memahami bagaimana Islam mengajarkan etika konservasi. Pelatihan yang akan dilaksanakan selama  dua hari tentang  “Penerapan Nilai-Nilai Ajaran Islam dan Konservasi SDA dalam Menyelamatkan Hutan Sumatera Barat” adalah satu bagian yang direncanakan untuk maksud tersebut.

 Sumatera Barat merupakan daerah yang kaya akan nilai-nilai adat dan Islam dalam menjaga lingkungannya yang sesuai dengan falsafah Minangkabau “Adat Basandi Syara’ dan Syara’ Kitabullah”.  Adat merupakan tradisi yang telah ada dalam masyarakat Minangkabau, dan Syara’ artinya syariat, yaitu ajaran Islam yang sangat sakral dan dijalankan oleh Muslim dalam praktik sehari hari, sedangkan Kitabullah, adalah Al Qur-an, yang akan menjadi rujukan dan petunjuk kehidupan sesuai dengan surat Al Baqarah (2): 2.  Oleh karena itu, lokalatih yang akan dibicarakan dalam pertemuan ini diharapkan bisa diterapkan di Sumatera Barat dan akan diterima oleh semua pihak. Dengan adanya pelatihan ini diharapkan bisa memberikan pemahaman kepada semua ulama di nagari tentang pentingnya nilai-nilai Islam dalam pelestarian lingkungan hidup. pdf

Advertisements

Written by Darwin Initiative West Sumatra

April 27, 2011 at 8:11 am

Posted in Uncategorized

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: